Adsense Indonesia

Kamis, 24 September 2015

APA PENGERTIAN MOBIL


Sebenarnya Apa itu Pengertian Mobil

Untuk mengetahui apa itu pengertian mobil kita harus bertanya pertanyaan yang standar, yaitu WWWWH ( what, who, why, when, and how ), kalau indonesianya apa, siapa, kapan, kenapa, dan bagaimana. Untuk urutannya saya sendiri bingung, tapi intinya adalah itu.

Untuk yang pertama adalah APA ???

Apa kah mobil itu??


Mobil ( menurut wikipedia  ) adalah kendaraan yang digerakan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih ( selalu genap ), menggunakan bahan bakar minyak ( bensin atau solar ) untuk menghidupkan mesin. Mobil merupakan kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa yunani ' autos ' (  sendiri ) dan movere ( bergerak ).

Kapan dan Siapa ???


Pertanyaan ini mengacu pada sejarah mobil , jawabannya adalah sebagai berikut ( berdasarkan wikipedia, untuk lebih lengkap lihat disini )
Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.

Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju

Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.

Kenapa ???

Kenapa mobil diciptakan,  menurut saya pikiran manusia selalu berkembang dan mobil merupakan salah satu dampak dari perkembangan pikiran manusia,  pikiran manusia selalu berorientasi untuk memudahkan kegiatan manusia, jadi mobil diciptakan untuk memudahkan kegiatan atau pekerjaan manusia sesuai bidangnya dan tentu saja merupakan dampak dari perkembangan jaman itu sendiri, karena tidak mungkin otak atau pikiran manusia tidak berkembang.
( untuk pertanyaan "kenapa" ini agak kurang jelas, karena ini hanya dari pemikiran saya saja, tidak ada referensi lain jadi sedikit ngaco.)

Dan terakhir adalah Bagaimana ??

Bagaimana ini saya kira lebih mengacu kepada cara kerja mobil .
Kembali pada definisi mobil yaitu kendaraan yang digerakan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih, menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesin. Jadi , cara kerjanya adalah Tenaga mesin yang dihasilkan dari hasil pembakaran diteruskan ke roda mobil untuk menggerakan mobil. Jika dipisahkan dalam beberapa komponen maka mobil terdiri dari Mesin ( sumber tenaga ), Penggerak, Rem, dan kelengkapan. Lihat lebih lengkap komponen utama mobil disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar