Adsense Indonesia

Rabu, 07 Agustus 2013

Manfaat Dan Cara Menanamkan Budaya Membaca ( part 2 )


Manfaat Dan Cara Menanamkan Budaya Membaca. Membangun tradisi membaca memang tidak mudah begitu saja, seperti pada artikel sebelumya, Manfaat Dan Cara Menanamkan Budaya Membaca ( part 1 ) . Membaca penting sekali dalam seputar dunia wanita, bukan hanya cantik dari luar saja tapi menjadi wanita juga harus cerdas apalagi di hadapkan pada fenomena kehidupan saat ini. Kita harus membiasakan membaca buku, di bawah ini beberapa cara membiasakan membaca buku :
  1. Membawa buku yang kecil terlebih dahulu, usakanlah buku itu kita pegang jangan di masukan ke alam tas. karena jika kita terus memegangnya setidaknya kita akan membaca judul dan sampul belakangnya. Bawa terus sempai pada akhirnya secara tidak langsung kita akan tertarik untuk membukanya. Hal ini dapat bermanfaat misalnya saat kita sedang terjebak macet, atau menunggu antrian panjang, kita tidak perlu menggerutu sebab ada yang dapat kita lakukan yaitu membaca buku. Membiasakan membawa buku kemana saja juga dapat menambah wibawa kita, setidaknya orang akan menganggap kita adalah orang yang serius, orang akan segan terhadap kita apalagi kalau judul bukunya menarik.
  2. Sesekali berkunjung ke toko buku, dengan berkunjung ke toko buku orang yang asalnya tidak suka membaca buku menjadi tertarik ketika membaca judul - judul yang menarik , yang mungkin sesuai dengan kebutuhanya saat ini.
  3. Menganggap buku ibarat makanan, dengan menganggap buku seperti makanan kita dapat melakukan hal - hal seperti : Memilih buku yang memang kita sukai, sebagaimana kita memilih makanan yang kita sukai.Mencicipi kelezatan sebuah buku, sebelum membaca sebuah halaman. Kita dapat mengenali dulu siapa pengarang buku tersebut, atau membaca dahulu sinopsisnya agar kita tetrtarik dan penasaran untuk membaca buku tersebut. Dengan ini kita akan merasa sedang bercakap - cakap dengan penulis buku tersebut, meskipun ternyata sedang sendirian.Bacalah buku seperti ngemil, jangan pernah takut untuk melihat tebalnya sebuah buku. Sedikit demi sedikit di baca akan menjadi lebih menarik dan bermanfaat.
  4. Ciptakan suasana yang mendukung. Diantaranya sediakan penerangan yang cukup, cari posisi duduk yang nyaman, bila perlu ruangan di beri aroma wewangian sambil menyetel lagu klasik. Hal ini dapat menciptakan suasana yang santai dan mempermudah untuk menyerap informasi dari buku yang sedang kita baca.
  5. Membuat perpustakaan pribadi, apabila kita membeli buku, jangan beranggapan kita harus membacanya saat itu juga, kita bisa menyimpanya terlebih dahulu menjadi perpustakaan pribadi. Siapa tahu suatu saat kita akan membutuhkanya. Atau jika kita tidak sempat untuk membacanya, setidaknya buku - buku itu akan bermanfaat untuk anak cucu kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar